- Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Tahap |
Aktivitas Guru dan Peserta Didik |
Tahap 1
Mengorientasikan Peserta Didik
terhadap Masalah.
|
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
Guru
memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah
yang dipilih atau ditentukan.
|
Tahap 2
Mengorganisasi peserta didik untuk
belajar
|
Guru membantu
peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasi tugas belajar yang
berhubungan dengan masalah yang sudah diorientasikan pada tahap sebelumnya
|
Tahap 3
Membimbing penyelidikan
individual maupun kelompok
|
Guru
mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dan
melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan kejelasan yang diperlukan untuk
menyelesaikan masalah.
|
Tahap 4
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Guru membantu
peserta didik untuk berbagi tugas dan merencanakan atau menyiapkan karya yang
sesuai sebagai hasil pemecahan masalah dalam bentuk laporan, video, atau
model.
|
Tahap 5
Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
Guru membantu
peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses
pemecahan masalah yang dilakukan
|
0 Response to "Sintaks Model Pembelajaran Berbasis Masalah"
Post a Comment